Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book. It has survived not only five centuries, but also the leap into electronic typesetting, remaining essentially unchanged. It was popularised in the 1960s with the release of Letraset sheets containing Lorem Ipsum passages, and more recently with desktop publishing software like Aldus PageMaker including versions of Lorem Ipsum.

Rabu, 08 Maret 2017

Pemasaran Produk



Proposal Pemasaran Produk
March 8
2017

Jl. RA Mustika Tebel Timur, Gedangan, Sidoarjo YAYASAN AL-BADRIYAH SMK ITABA
Oleh : Ummi Fadlilah









PENDAHULUAN

1.     Latar Belakang
Dewasa ini, kecenderungan masyarakat dalam mengonsumsi kue kering cukup meningkat. Perilaku konsumtif ini yang kemudian melatarbelakangi usaha kue kering ini.
Inovasi yang baru dari keberadaan kue kering yang ditampilkan dapat menjadi salah satu daya tarik masyarakat. Hal ini dikarenakan masyarakat cenderung konsumtif dari apa yang ia lihat, dan kemudian mereka cobakan.
Selain itu, kecenderungan masyarakat dalam mengonsumsi makanan manis yang renyah sebagai cemilan sehari-hari menjadi satu poin utama pendirian usaha ini. Sehingga diproduksi suatu produk makanan berupa produksi kue kering.

2.     Visi
Membuat suatu  produk makanan ringan berbahan dasar cokelat yang lebih inovatif dan berbeda dari produk yang biasanya.

3.     Misi
Adapun misi dalam usaha ini adalah sebagai berikut:
·        Membuat kue kering yang berbahan dasar cokelat ataupun yang didominasi oleh cokelat
·     Membuat bentuk-bentuk kue yang inovatif yang disesuaikan dengan selera konsumen
·     Menciptakan aneka rasa dan warna kue namun tetap berpegang pada bahan dasar cokelat.

4.     Tujuan
Memproduksi kue kering yang memiliki penampilan yang lebih inovatif dan fariatif, beraneka warna, namun berbahan dasar cokelat. Memberikan bentukan kue yang lebih unik dan berfariasi, sehingga menarik minat konsumen untuk membeli.
  
 5.     Deskripsi Usaha
Seiring kebutuhan konsumen dalam mengonsumsi kue kering, usaha kue kering ini memunculkan produk yang lebih inovatif dan fariatif. Seperti memproduksi kue kering berbahan dasar cokelat, memiliki bentuk yang relatif unik dan memiliki warna yang beraneka ragam.
Dalam usaha kue kering ini, produk yang kami unggulkan adalah kue cornflakes aneka warna, bola cokelat aneka warna, dan lain sebagainya. Yang tentunya memiliki citra rasa yang luar biasa.


  
ANALISIS SWOT

1.     Strength (Kekuatan)
Dalam membuat usaha kue kering ini, yang menjadi daya tariknya adalah:
a.       Bentukan kue, bentukan kue yang tidak seperti kue-kue biasanya membuat kue ini lebih menarik pembeli dengan bentukannya yang lebih mengarah pada bangunan-bangunan ataupun bentuk lain yang cukup mengesankan. Sehingga menarik minat pembeli.
b.      Bahan dasar yang didominasi oleh cokelat menjadi satu poin paling menarik dari usaha kue kering ini. Karena semua kue kering di toko ini akan memiliki aksen cokelat.
c.       Bahan yang didominasi cokelat, biasanya memiliki harga yang cukup mahal pada toko kue kering lain. Tetapi toko ini menyediakan kue dengan harga terjangkau oleh kalangan manapun. Ini merupakan salah satu kekuatan utama yang dapat menarik minat konsumen.
d.      Meskipun berbahan dasar coklat, kue kering di toko ini tidak didominasi oleh warna cokelat. Namun lebih sensasional dengan aneka warna yang menghiasi.
e.       Menjaga kehigienisan, kue kering yang diprouksi tidak menggunakan pengawet buatan. Sehingga aman dikonsumsi segala usia. Hal ini tentunya untuk menjaga kualitas makanan dan kuantitas konsumen yang membeli produk kue kering.

2.     Weakness (Kelemahan)
Kesempatan yang dapat menghambat kemampuan usaha, masalah utamanya adalah modal. Modal merupakan komponen utama dalam pembentukan usaha. Untuk memiliki kualitas yang baik, modal yang dimiliki harus mencukupi, sehingga modal utama yang digunakan cukup besar.
Pengadaan tempat juga menjadi salah satu penghambat usaha. Tempat yang dimiliki haruslah strategis. Sedangkan saat ini, tempat yang strategis memiliki harga yang cukup mahal. Sehingga cukup menjadi pertimbangan jika akan menetap disuatu tempat untuk membuka usaha ini.

3.     Opportunity (Peluang)
Adanya peluang usaha merupakan hal paling penting menjalani usaha ini. Peluang menjalani usaha kue kering ini dilihat dari keadaan masyarakat Indonesia yang senang mengonsumsi makanan ringan, terutama makanan yang berbahan dasar cokelat. Sehingga usaha ini dapat membantu mereka untuk menikmati konsumsi yang sehat, murah, dan berkualitas.
Penggunaan warna yang lebih fariatif membuat kue ini lebih menarik dari kue kering pada umumnya. Hal ini juga menjadi salah satu peluang pasar, dimana kue kering disini memiliki berbagai keunikan tersendiri yang berbeda dengan kue kering di toko lainnya.

4.     Threat (Ancaman)
Ancaman dunia usaha yang ada dalam menjalani usaha kue kering ini adalah:
a.       Persaingan yang kuat dengn toko kue kering lainnya. Karena pada masa sekarang ini, banyak toko kue kering yang menjamur diseluruh kota. Hal ini dapat diatasi oleh kekhasan kue kering yang dimiliki dan peningkatan kualitas yang lebih baik.
b.      Menarik konsumen yang datang juga merupakan hal yang sulit jika sudah terjadi persaingan yang ketat. Hal ini mengharuskan usaha marketing yang mampu menarik konsumen untuk datang dan membeli.


  
PROFIL PERUSAHAAN

1.     Jenis Usaha
Usaha kue kering ini, bahan dasarnya didominasi oleh cokelat. Namun penggunaan cokelat disini tidak hanya cokelat yang berwarna cokelat saja, melainkan berbagai macam cokelat berwarna-warni sehingga menarik perhatian konsumen.
Bentukan kue yang unik dan beraneka ragam juga menjadi salah satu poin plus usaha kue kering ini. Selain itu, harga yang terjangkau dan penggunaan bahan makanan yang aman dikonsumsi berbagai usia juga menjadi salah satu daya tarik usaha kue kering ini.

2.     Nama Perusahaan
Cookie Bae adalah nama toko kue kering ini. Cookies berarti kue kering, sedangkan Bae berarti kesayangan. Karena bahan dasar yang digunakan didominasi oleh cokelat yang notabene terasa manis, sehingga diambillah nama Cookie Bae, yang berarti kue kering kesayangan dikarenakan rasanya yang sangat manis seperti pemiliknya.

3.     Lokasi
Lokasi pemasaran kue kering ini berada di Surabaya, dikarenakan Surabaya merupakan tempat yang terkenal dengan aneka kulinernya serta makanan yang unik-unik. Lokasi toko khususnya berada di sekitar KBS, karena KBS merupakan suatu kawasan yang dapat mengundang banyak wisatawan yang cenderung berperilaku konsumtif.
Masyarakat yang datang cenderung lebih suka mengonsumsi makanan yang memiliki bentuk unik dan memiliki warna yang beragam, dan ini sangat pas dengan jenis usaha yang lebih didominasi oleh bentukan yang unik dan berwarna-warni.
Selain itu, produk juga dipasarkan secara online untuk mendongkrak pasaran. Selain mengenalkan produk lebih luas, pemasaran dengan cara online meminimalisi biaya produksi dan mendongkrak segmen pasar.




PRODUK PERUSAHAAN

1.     Jenis Produk

Jenis produk yang dipasarrkan adalah berbagai macam jenis kue kering yang didominasi dengan cokelat. Adapun berbagai produk yang dipasarkan adalah kue cornflakes aneka warna, bola cokelat aneka warna, dan berbagai kue kering lainnya yang berlapis cokelat yang beraneka warna.
Selain itu, bentuk yang cenderung unik seperti bentukan-bentukan kue kering tiga dimensi merupakan salah satu bentuk yang cenderung tidak lazim ada di pasaran. Karena kue kering yang ada di pasaran biasanya cenderung berbentuk pipih dan tidak bervolume.

2.     Pembuatan Produk
Adapun beberapa cara pembuatan kue kering yang menjadi top ikon di toko kue kering ini adalah sebagai berikut:
a.      Cornflakes Warna-warni
Bahan-bahan :
·         125 gr coklat batang di potong kecil-kecil
·          200 gr Cornflakes
·              Trimis secukupnya

Cara membuat :

·         Coklat batang yang sudah di potong kecil-kecil di cairkan di atas air panas yang sedang di panaskan. Aduk terus sampai cair jangan sampai gosong.
·         Setelah cair, angkat dan kemudian masukkan Cornflakes aduk sampai terbalut coklat seluruhnya.
·         Setelah rata masukkan di dalam mangkok kertas dan di taburi atasnya dengan trimis warna warni.
·         Setelah selesai simpan di dalam kulkas ( jangan terlalu lama ) biar sedikit beku.
·         Siap untuk di nikmati bersama keluarga dan di suasana lebaran.
                                         
b.      Bola Cokelat Aneka Warna

Bahan : 
·      200 gr biskuit mari regal (digerus halus)
·       sendok makan coklat bubuk
·      50 gr kacang mete panggang (dicincang kasar)
·      150 gr gula halus
·      2 sendok makan mentega
·      75 cc rum (jika suka)
·      Cokelat warna-warni

Cara membuat : 
·      Satukan dan ratakan seluruh bahan-bahan kering
·      Masukkan rum, susu coklat dan mentega, lalu aduk aduk rata
·      Ambil adonan lalu dibentuk menjadi bulat sebesar bola ping pong dan gulingkan ke dalam cokelat wrna-warni yang telah dicairkan
·      Simpan dalam lemari es selama 30 menit dan sajikan bola bola coklat di mangkuk kertas kecil
Dan masih banyak jenis kue lainnya yang akan disajikan di toko kue kering ini, yang tentunya lebih inovatif dan fariatif.

3.     Keunggulan Produk
Seperti yang sudah dijelaskan pada SWOT analisis, produk ini memiliki beberapa keunggulan antara lain bentuk kue yang berbentuk cukup unik dan berbeda dengan bentuk kue kering yang ada di pasaran. Selain itu bahan kue yang didominasi dilapisi oleh cokelat berwarna-warni juga menjadi salah satu keunggulan dari produk ini.
Produk ini dapat dibeli dengan harga yang cukup terjangkau oleh kalangan menengah, Selain itu kehigienisan kue juga menjadi salah satu poin terpenting dalam menjaga kenyamanan pelanggan.



TARGET PASAR

Target pasar produk kue kering ini khususnya adalah masyarakat Surabaya ataupun pendatang yang sedang berwisata ke Surabaya. Namun secara umum, tidak ada batasan konsumen produk ini, karena produk ini dapat dinikmati oleh semua kalangan diberbagai usia.
Selain itu, karena produk ini juga dipasarkan secara online, maka target pasar yang dituju lebih meluas ke cakupan nusantara. Sehingga tidak terdapat batasan target pasar yang dituju.
Semua kalangan dari segala usia bisa menikmati produk ini. Selain itu, harga yang terjangkau juga membuat produk ini dapat dinikmati oleh berbagai macam kalangan.


  
PROMOSI DAN PEMASARAN

Karena produk ini juga dipasarkan secara online, maka promosi juga dilakukan dengan menggunakan media berbasis internet seperti melalui jejaring sosial, blog, dan lain sebagainya.
Selain itu, cara promosi yang lain dilakukan adalah dengan ikut serta dalam sebuah bazar yang sering diadakan di pusat perbelanjaan, dan dengan menyebarkan brosur yang cukup menarik perhatian konsumen.


  
CASH FLOW

Keuntungan per Bulan = Rp 280.000
Modal Awal = Rp 24.210.000
Pendapatan Bersih Bulan Pertama = -Rp 2.210.000
Waktu Balik Modal = 2 bulan pertama
Jumlah Keuntungan Tiap Bulan Selanjutnya = Rp 14.190.000



PENUTUP

Produk yang kami tawarkan bukanlah sebuah produk yang tidak berkualitas. Perilaku manusia yang konsumtif terhadap makanan ringan akan cukup menjanjikan peluang bisnis ini. Selain itu menciptakan sebuah jajanan ringan yang bersih dan sehat serta memiliki harga yang murah tentusaja menjadi pertimbangan setiap orang untuk membelinya.
Sekian proposal usaha ini kami buat, semoga dapat diterima dengan baik dalam suatu kerjasama yang pasti akan saling meng

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver