Proposal Pemasaran Produk
|
March
8
2017
|
Jl.
RA Mustika Tebel Timur, Gedangan, Sidoarjo YAYASAN AL-BADRIYAH SMK ITABA
|
|
|
|
|
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Dewasa ini, kecenderungan masyarakat dalam mengonsumsi kue kering cukup
meningkat. Perilaku konsumtif ini yang kemudian melatarbelakangi usaha kue
kering ini.
Inovasi yang baru dari keberadaan kue kering yang ditampilkan dapat menjadi
salah satu daya tarik masyarakat. Hal ini dikarenakan masyarakat cenderung
konsumtif dari apa yang ia lihat, dan kemudian mereka cobakan.
Selain itu, kecenderungan masyarakat dalam mengonsumsi makanan manis yang
renyah sebagai cemilan sehari-hari menjadi satu poin utama pendirian usaha ini.
Sehingga diproduksi suatu produk makanan berupa produksi kue kering.
2. Visi
Membuat suatu produk makanan ringan berbahan dasar cokelat yang lebih
inovatif dan berbeda dari produk yang biasanya.
3. Misi
Adapun misi dalam usaha ini adalah sebagai berikut:
·
Membuat kue kering yang berbahan dasar cokelat ataupun
yang didominasi oleh cokelat
· Membuat bentuk-bentuk kue yang inovatif yang disesuaikan dengan selera
konsumen
· Menciptakan aneka rasa dan warna kue namun tetap
berpegang pada bahan dasar cokelat.
4. Tujuan
Memproduksi kue kering yang memiliki penampilan yang lebih inovatif dan
fariatif, beraneka warna, namun berbahan dasar cokelat. Memberikan bentukan kue
yang lebih unik dan berfariasi, sehingga menarik minat konsumen untuk membeli.
5.
Deskripsi Usaha
Seiring kebutuhan konsumen dalam mengonsumsi kue kering, usaha kue kering
ini memunculkan produk yang lebih inovatif dan fariatif. Seperti memproduksi
kue kering berbahan dasar cokelat, memiliki bentuk yang relatif unik dan
memiliki warna yang beraneka ragam.
Dalam usaha kue kering ini, produk yang kami unggulkan
adalah kue cornflakes aneka warna, bola cokelat aneka warna, dan lain
sebagainya. Yang tentunya memiliki citra rasa yang luar biasa.
ANALISIS SWOT
1. Strength (Kekuatan)
Dalam membuat usaha kue kering ini,
yang menjadi daya tariknya adalah:
a.
Bentukan
kue, bentukan kue yang tidak seperti kue-kue biasanya membuat kue ini lebih
menarik pembeli dengan bentukannya yang lebih mengarah pada bangunan-bangunan
ataupun bentuk lain yang cukup mengesankan. Sehingga menarik minat pembeli.
b.
Bahan dasar
yang didominasi oleh cokelat menjadi satu poin paling menarik dari usaha kue
kering ini. Karena semua kue kering di toko ini akan memiliki aksen cokelat.
c.
Bahan yang
didominasi cokelat, biasanya memiliki harga yang cukup mahal pada toko kue
kering lain. Tetapi toko ini menyediakan kue dengan harga terjangkau oleh
kalangan manapun. Ini merupakan salah satu kekuatan utama yang dapat menarik
minat konsumen.
d.
Meskipun
berbahan dasar coklat, kue kering di toko ini tidak didominasi oleh warna
cokelat. Namun lebih sensasional dengan aneka warna yang menghiasi.
e.
Menjaga
kehigienisan, kue kering yang diprouksi tidak menggunakan pengawet buatan.
Sehingga aman dikonsumsi segala usia. Hal ini tentunya untuk menjaga kualitas
makanan dan kuantitas konsumen yang membeli produk kue kering.
2. Weakness (Kelemahan)
Kesempatan yang dapat menghambat
kemampuan usaha, masalah utamanya adalah modal. Modal merupakan komponen utama
dalam pembentukan usaha. Untuk memiliki kualitas yang baik, modal yang dimiliki
harus mencukupi, sehingga modal utama yang digunakan cukup besar.
Pengadaan tempat juga menjadi salah
satu penghambat usaha. Tempat yang dimiliki haruslah strategis. Sedangkan saat
ini, tempat yang strategis memiliki harga yang cukup mahal. Sehingga cukup
menjadi pertimbangan jika akan menetap disuatu tempat untuk membuka usaha ini.
3. Opportunity (Peluang)
Adanya peluang usaha merupakan hal
paling penting menjalani usaha ini. Peluang menjalani usaha kue kering ini
dilihat dari keadaan masyarakat Indonesia yang senang mengonsumsi makanan
ringan, terutama makanan yang berbahan dasar cokelat. Sehingga usaha ini dapat
membantu mereka untuk menikmati konsumsi yang sehat, murah, dan berkualitas.
Penggunaan warna yang lebih fariatif
membuat kue ini lebih menarik dari kue kering pada umumnya. Hal ini juga
menjadi salah satu peluang pasar, dimana kue kering disini memiliki berbagai
keunikan tersendiri yang berbeda dengan kue kering di toko lainnya.
4. Threat (Ancaman)
Ancaman dunia usaha yang ada dalam
menjalani usaha kue kering ini adalah:
a.
Persaingan
yang kuat dengn toko kue kering lainnya. Karena pada masa sekarang ini, banyak
toko kue kering yang menjamur diseluruh kota. Hal ini dapat diatasi oleh
kekhasan kue kering yang dimiliki dan peningkatan kualitas yang lebih baik.
b.
Menarik
konsumen yang datang juga merupakan hal yang sulit jika sudah terjadi persaingan
yang ketat. Hal ini mengharuskan usaha marketing yang mampu menarik konsumen
untuk datang dan membeli.
PROFIL PERUSAHAAN
1. Jenis Usaha
Usaha kue kering ini, bahan dasarnya didominasi oleh cokelat. Namun
penggunaan cokelat disini tidak hanya cokelat yang berwarna cokelat saja,
melainkan berbagai macam cokelat berwarna-warni sehingga menarik perhatian
konsumen.
Bentukan kue yang unik dan beraneka ragam juga menjadi salah satu poin plus
usaha kue kering ini. Selain itu, harga yang terjangkau dan penggunaan bahan
makanan yang aman dikonsumsi berbagai usia juga menjadi salah satu daya tarik
usaha kue kering ini.
2. Nama Perusahaan
Cookie Bae adalah nama toko kue kering ini. Cookies berarti kue kering,
sedangkan Bae berarti kesayangan. Karena bahan dasar yang digunakan didominasi
oleh cokelat yang notabene terasa manis, sehingga diambillah nama Cookie Bae,
yang berarti kue kering kesayangan dikarenakan rasanya yang sangat manis
seperti pemiliknya.
3. Lokasi
Lokasi pemasaran kue kering ini berada di Surabaya, dikarenakan Surabaya
merupakan tempat yang terkenal dengan aneka kulinernya serta makanan yang
unik-unik. Lokasi toko khususnya berada di sekitar KBS, karena KBS merupakan
suatu kawasan yang dapat mengundang banyak wisatawan yang cenderung berperilaku
konsumtif.
Masyarakat yang datang cenderung lebih suka mengonsumsi makanan yang
memiliki bentuk unik dan memiliki warna yang beragam, dan ini sangat pas dengan
jenis usaha yang lebih didominasi oleh bentukan yang unik dan berwarna-warni.
Selain itu, produk juga dipasarkan secara online untuk mendongkrak pasaran.
Selain mengenalkan produk lebih luas, pemasaran dengan cara online meminimalisi
biaya produksi dan mendongkrak segmen pasar.
PRODUK PERUSAHAAN
1. Jenis Produk
Jenis produk yang dipasarrkan adalah berbagai macam jenis kue kering yang
didominasi dengan cokelat. Adapun berbagai produk yang dipasarkan adalah kue
cornflakes aneka warna, bola cokelat aneka warna, dan berbagai kue kering
lainnya yang berlapis cokelat yang beraneka warna.
Selain itu, bentuk yang cenderung unik seperti bentukan-bentukan kue kering
tiga dimensi merupakan salah satu bentuk yang cenderung tidak lazim ada di
pasaran. Karena kue kering yang ada di pasaran biasanya cenderung berbentuk
pipih dan tidak bervolume.
2. Pembuatan Produk
Adapun beberapa cara pembuatan kue kering yang menjadi top ikon di toko kue
kering ini adalah sebagai berikut:
a. Cornflakes Warna-warni
Bahan-bahan
:
·
125 gr
coklat batang di potong kecil-kecil
·
200 gr
Cornflakes
·
Trimis
secukupnya
Cara membuat :
·
Coklat
batang yang sudah di potong kecil-kecil di cairkan di atas air panas yang
sedang di panaskan. Aduk terus sampai cair jangan sampai gosong.
·
Setelah
cair, angkat dan kemudian masukkan Cornflakes aduk sampai terbalut coklat
seluruhnya.
·
Setelah rata
masukkan di dalam mangkok kertas dan di taburi atasnya dengan trimis warna
warni.
·
Setelah
selesai simpan di dalam kulkas ( jangan terlalu lama ) biar sedikit beku.
·
Siap untuk
di nikmati bersama keluarga dan di suasana lebaran.
b. Bola Cokelat Aneka Warna
Bahan
:
· 200 gr
biskuit mari regal (digerus halus)
· sendok
makan coklat bubuk
· 50 gr kacang
mete panggang (dicincang kasar)
· 150 gr gula
halus
· 2 sendok
makan mentega
· 75 cc rum
(jika suka)
· Cokelat
warna-warni
Cara membuat
:
· Satukan dan
ratakan seluruh bahan-bahan kering
· Masukkan
rum, susu coklat dan mentega, lalu aduk aduk rata
· Ambil adonan
lalu dibentuk menjadi bulat sebesar bola ping pong dan gulingkan ke dalam
cokelat wrna-warni yang telah dicairkan
· Simpan dalam
lemari es selama 30 menit dan sajikan bola bola coklat di mangkuk kertas kecil
Dan masih banyak jenis kue lainnya yang akan disajikan
di toko kue kering ini, yang tentunya lebih inovatif dan fariatif.
3. Keunggulan Produk
Seperti yang sudah dijelaskan pada SWOT analisis, produk ini memiliki
beberapa keunggulan antara lain bentuk kue yang berbentuk cukup unik dan
berbeda dengan bentuk kue kering yang ada di pasaran. Selain itu bahan kue yang
didominasi dilapisi oleh cokelat berwarna-warni juga menjadi salah satu
keunggulan dari produk ini.
Produk ini dapat dibeli dengan harga yang cukup terjangkau oleh kalangan
menengah, Selain itu kehigienisan kue juga menjadi salah satu poin terpenting
dalam menjaga kenyamanan pelanggan.
TARGET PASAR
Target pasar produk kue kering ini khususnya adalah masyarakat Surabaya
ataupun pendatang yang sedang berwisata ke Surabaya. Namun secara umum, tidak
ada batasan konsumen produk ini, karena produk ini dapat dinikmati oleh semua
kalangan diberbagai usia.
Selain itu, karena produk ini juga dipasarkan secara online, maka target pasar
yang dituju lebih meluas ke cakupan nusantara. Sehingga tidak terdapat batasan
target pasar yang dituju.
Semua kalangan dari segala usia bisa menikmati produk ini. Selain itu,
harga yang terjangkau juga membuat produk ini dapat dinikmati oleh berbagai
macam kalangan.
PROMOSI DAN PEMASARAN
Karena produk ini juga dipasarkan secara online, maka promosi juga
dilakukan dengan menggunakan media berbasis internet seperti melalui jejaring
sosial, blog, dan lain sebagainya.
Selain itu, cara promosi yang lain dilakukan adalah dengan ikut serta dalam
sebuah bazar yang sering diadakan di pusat perbelanjaan, dan dengan menyebarkan
brosur yang cukup menarik perhatian konsumen.
CASH FLOW
Keuntungan
per Bulan = Rp 280.000
|
Modal Awal =
Rp 24.210.000
|
Pendapatan
Bersih Bulan Pertama = -Rp 2.210.000
|
Waktu Balik
Modal = 2 bulan pertama
|
Jumlah
Keuntungan Tiap Bulan Selanjutnya = Rp 14.190.000
|
PENUTUP
Produk yang kami tawarkan bukanlah sebuah produk yang tidak berkualitas.
Perilaku manusia yang konsumtif terhadap makanan ringan akan cukup menjanjikan
peluang bisnis ini. Selain itu menciptakan sebuah jajanan ringan yang bersih
dan sehat serta memiliki harga yang murah tentusaja menjadi pertimbangan setiap
orang untuk membelinya.
Sekian
proposal usaha ini kami buat, semoga dapat diterima dengan baik dalam suatu
kerjasama yang pasti akan saling meng
0 komentar:
Posting Komentar